Tip MenjuaI – Mengatasi Keberatan Harga

Sales

MENGHADAPI KONSUMEN yang keberatan terhadap harga yang diajukan rasanya sudah menjadi menu sehari-hari seorang penjual. Hal yang terpenting di sini bukanlah bagaimana menghindari konsumen semacam itu. Tetapi bagaimana penjual dapat menjawab dengan tepat jika berhadapan dengan konsumen yang keberatan terhadap harga barangnya.

Kalau diperhatikan, ketika menghadapi hal itu, seorang penjual sering kali melontarkan berbagai alasan yang menerangkan mengapa harga produknya itu layak mahal. Padahal, dia harus menggali lebih dalam faktor keberatan si konsumen. Secara garis besar, ada dua jenis faktor di balik keberatan konsumen.

Pertama, mahal yang hanya dijadikan sebagai alasan. Konsumen semacam itu mungkin pada dasarnya memang tidak tertarik pada produk Anda atau tidak mau membeli produk Anda. Harga akhirnya mereka jadikan alasan untuk menghindar. Atau bisa juga mereka tidak memiliki uang yang cukup untuk membeli produk Anda. Konsumen semacam itu bisa Anda abaikan karena Anda memang tidak dapat berbuat apa-apa.

Kedua adalah konsumen yang mengatakan produk Anda mahal karena manfaat yang diberikan oleh produk Anda tidak sebanding dengan uang yang mereka keluarkan. Jika harga produk Anda 10 ribu rupiah sedangkan manfaat yang si konsumen terima hanya 5 ribu rupiah, dapat dipastikan dia tidak akan membeli produk Anda. Jika harga produk dan manfaat produk yang diterima sama besarnya, 10 ribu rupiah, dia bisa saja membeli atau tidak membeli. Keputusan untuk membeli produk Anda akan diambil jika manfaat yang mereka terima lebih besar dari pada 10 ribu rupiah.

Harga memang tidak pernah bersifat pasti karena selalu dibandingkan dengan manfaat. Selanjutnya, masing-masing konsumen pun akan memiliki nilai perbandingan yang berbeda-beda. Faktor manfaat juga menyangkut banyak hal, bukan saja manfaat fisik produk Anda, tapi juga bagaimana pelayanan Anda, kepuasan dan kesenangan konsumen. Jadi, untuk menghadapi konsumen yang keberatan terhadap harga produk Anda, berusahalah merupiahkan manfaat yang akan diterima oleh si konsumen. Dengan begitu, konsumen Anda akan lebih mudah melakukan perbandingan.

 

ACTION IDEAS

Luangkan waktu satu jam untuk MENGHITUNG dalam rupiah besarnya manfaat yang Anda tawarkan kepada pelanggan.

Beri mereka alasan JELAS mengapa mereka akan SANGAT mendapatkan manfaat bila memilih membeli prodük Anda.

Begitu Anda melakukannya, penjualan akan  menjadi sangat mudah bagi Anda!

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *