TUGAS-TUGAS UTAMA PARA SALES MARKETING DALAM MEMASARKAN PRODUK

Articles Marketing Sales Uncategorized

Hallo Partners! Apa Kabar Hari Ini?

 

Segala bentuk kegiatan penjualan produk merupakan tanggungjawab bagi mereka yang berprofesi sebagai sales marketing pada sebuah perusahaan. Hal yang wajib ada bagi seorang sales adalah kemampuan mereka untuk berbahasa dan bersikap dengan sopan santun. karena, mereka yang berinteraksi secara aktif langsung dengan para pelanggan. Semua penguasaan ini hanya dapat diperoleh dari diselenggarakannya pelatihan dan jam terbang terus terlatih di lapangan (praktek).

Ujung tombak dari pendapatan perusahaan sangat bergantung terhadap kecepatan dari sisi penjualan yang dilakukan oleh para sales tersebut. Apabila kinerja dari para sales sangat lambat dan kurang bergairah, maka dampaknya akan sangat terasa dan cukup berpengaruh terhadap proses produksi. Perlambatan proses akan terjadi sangat cepat karena stok yang lama masih tersedia. Wujudkan keinginan dari para pelanggan agar penjualan dapat menjadi lebih mudah dan semakin cepat terlaksana. Promosikan produk Anda secara berkala agar dapat mempertahankan pelanggan lama dan menarik pelanggan yang baru. Para sales juga bertanggungjawab penuh atas ketersediaan dari jumlah produk yang terjual dari periode yang sebelumnya telah ditetapkan.

Secara umum dan terperinci, berikut ini merupakan tugas utama dari para sales yang harus dikuasai dengan baik dan benar.

1. Selalu Aktif Dalam Mencari Target Customer.

Pangsa pasar harus sudah terencana bersama dengan pemikiran dari konsep bisnis. Hal inilah yang semakin memudahkan pada saat produk Anda sudah benar-beanr siap untuk dipasarkan. Kerja dari para sales bisa saja dimulai sejak beberapa waktu sebelum terjadinya proses produksi selesai. Promosikan terhadap masyarakat tentang hasil temuan dari perusahaan. Tumbuhkan rasa ingin tahu mereka dengan cara terus menginfokan keunggulan yang dimiliki oleh produk tersebut.

Memantau setiap lokasi dimana para calon pembeli berada. Tentukan berdasarkan wilayah dan sebarkan para sales pada setiap masing-masing tempat tersebut. Berlakukan sistem rolling saat para sales belum mampu dalam mencapai target pada area tertentu. Hal ini adalah sebagai bentuk penyegaran dan pembaharuan strategi baru dari pemasaran mereka. Sesuaikan cara berpromosi dengan kondisi lokasi yang saat ini sedang dicoba.

Kenali secara mendalam karakteristik para calon pelanggan di lokasi tersebut. Hal ini merupakan awal dari penentuan penggunaan strategi. Sifat konsumtif untuk lebih mudah dalam menerima produk baru daripada masyarakat yang sudah terbiasa untuk hidup hemat. Pelanggan yang lebih selektif terhadap pengeluaran secara finansial rumah tangga memang membutuhkan tenaga ekstra dalam usaha untuk mengenalkan produk Anda. Yakinkan mereka bahwa produk yang telah ditawarkan memiliki keunggulan yang lebih baik apabila dibandingkan dengan yang lainnya.

2. Merekap Data Hasil Penjualan Sales.

Data dari hasil penjualan harus disusun dengan rapi, mendetail dan secara terperinci. Hal ini sangat bermanfaat dalam memudahkan pihak lain saat menganalisinya. Evaluasi yang akan dilakukan atas dasar rekapan data tersebut. Selanjutnya akan digunakan dalam menilai ketepatan strategi sales.

Cara berpromosi yang lebih tepat pada saat terjadinya penjualan yang semakin meningkat dari waktu ke waktu. Dibutuhkan adanya kerjasama tim yang semakin solid dan lebih loyal agar visi dam misi perusahaan dapat terwujud. Para sales harus saling membantu dan tidak diperkenankan untuk saling serang dan memelihara egonya masing-masing. Prestasi dari para sales tidak tercermin dari berapa banyak jumlah produk yang berhasil dijual oleh setiap masing-masing individu, akan tetapi secara global. Inilah bentuk dari cara gotong-royong diantara sesama anggota agar dapat meringankan beban dari para sales marketing di dalam sebuah tim.

3. Menjamin Kepuasan Dari Para Pelanggan.

Kepuasan pelanggan bisa terjadi karena adanya manfaat yang telah diberikan dari produk yang sesuai dari informasi sales saat sedang berpromosi. Jelaskan segala hal yang telah menyangkut produk agar para pelanggan tidak merasa tertipu. Apabila salah satu dari unsur setiap produk tidak diketahui dan semakin mengakibatkan terjadinya kerugian, maka akan semakin berdampak pada kekecawaan para pelanggan.

Jangan sampai Anda menganggap remeh permasalahan seperti ini, rasa kecewa akan melahirkan rasa tidak percaya. Akan semakin sulit untuk meyakinkan para pelanggan yang sudah pernah menggunakan produk akan tetapi tidak merasa puas dengan manfaatnya. Garansi merupakan sebuah trik penting sebagai langkah antisipasi untuk mencegah terjadinya kerugian yang seringkali diakibatkan oleh adanya kelalaian dari perusahaan. Jaminkan kualitas terhadap produk yang unggul dengan dilengkapi garansi untuk menjaga kepuasan dari para pelanggan.

4. Mencari Mitra Kerja

Menggaet pihak lain agar dapat meningkatkan penjualan produk adalah salah satu cara dalam mempercepat proses penjualan. Tentunya harus dengan persetujuan dari pimpinan dan hasil diskusi yang telah dilakukan oleh tim sales sebelumnya. Kerjasama ini harus menguntungkan bagi kedua belah pihak. Mitra sales marketing dapat berasal dari kalangan lembaga keuangan, jasa pengiriman barang dan lain sebagainya.

Bagi hasil keuntungan juga harus dipikirkan lagi sebelum akan terjun langsung ke lapangan. Buatlah perjanjian hitam di atas putih (bermaterai) lengkap dengan penandatanganan berkas. Waspadalah terhadap rekan kerja baru bukan berarti mencurigai akan tetapi keamanan dari segi finansial perusahaan juga wajib untuk dijaga.

5. Menyusun Strategi Pemasaran Lanjutan.

Penyusunan strategi lanjutan sudah menjadi tanggungjawab para sales marketing apabila cara-cara anjuran perusahaan sama sekali tidak dapat memenuhi target penjualan. Ketentuan yang telah disepakati bersama boleh juga untuk dimodifikasi agar bisa sesuai dengan kondisi lapangan. Namun jangan sampai merubah nilai total, ingat hanya menghasilkan inovasi baru saja.

 

Stay Health and Stay Safe

 

Source : https://www.trainingpemasaransurabaya.com/tugas-tugas-utama-para-sales-marketing-dalam-memasarkan-produk/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *