Hal-hal yang Harus Dikuasai oleh Sales dan Istilah Umum dalam Dunia Sales

Uncategorized

Hallo Partners! kali ini kita akan membahas tentang hal yang harus dikuasai seorang sales agar menjadi sales yang sukses dan istilah umum yang ada dalam dunia sales, berikut penjelasannya.

Sebelum kamu menjadi seorang sales, ada beberapa hal yang kamu harus kuasai sebagai tenaga penjual atau sales, yaitu:

Product Knowledge  (Pengetahuan tentang Produk)

pengetahuan tentang produk ini meliputi masalah yang berhubungan dengan keadaan fisik, jenis, ukuran, design dan warna, manfaat terhadap konsumen, bahkan kelebihannya dibanding produk serupa.

Price Policy (Kebijaksanaan Harga Jual)

Setiap produk yang ditawarkan atau dijual tentunya mempunyai klasifikasi harga. Kamu harus bisa merencanakan suatu design harga tertentu yang ditawarkan untuk suatu volume penjualan, dan apakah ada insentif tertentu (discount/commission) bagi pembeli untuk meningkatkan minat dan perhatian pembeli.

Human Relation

Kemampuan tenaga penjual dalam hubungannya dengan masyarakat pasar tertentu untuk mempengaruhinya dan pada akhirnya menjadi konsumen. Pendekatan perorangan pastinya sangat membantu keberhasilan dengan ditunjang kemampuan berkomunikasi dan berbicara dengan para pelanggannya.

Istilah umum dalam dunia sales

Dalam bisnis, sales atau yang juga dikenal sebagai penjualan mengacu pada setiap transaksi di mana uang atau nilai ditukar dengan kepemilikan atas barang maupun jasa tertentu. Konsep semacam ini pada akhirnya menciptakan beberapa istilah umum yang wajib diketahui jika Anda terlibat dalam suatu bisnis, di antaranya:

Salesperson

Pada dasarnya, pekerjaan utama seorang salesperson adalah menjual suatu produk berupa barang atau jasa kepada konsumen. Orang tersebut menggunakan teknik penjualan tertentu untuk sekadar mencari tahu keinginan konsumen. Melalui teknik semacam ini, salesperson bisa menyarankan produk atau layanan yang mampu memenuhi kebutuhan konsumen yang dimaksud.

Di beberapa kondisi, salesperson bekerja supaya para pembeli tetap menggunakan produk yang ditawarkan. Namun di kondisi lainnya, salesperson juga diharuskan untuk mendatangkan konsumen baru yang lebih potensial. Intinya, tanggung jawab utama dan target salesperson sangat tergantung pada situasi dan kebutuhan perusahaan yang menaunginya.

Prospek

Apabila dilihat dari arti katanya, prospek merupakan organisasi atau klien berpotensi yang serupa dengan profil pelanggan potensial.

Terkadang, istilah prospek ini juga mengacu pada cara yang digunakan oleh salesperson dalam mendekati target konsumennya. Misalnya, email marketing hingga social selling. Apabila salesperson berhasil melakukan prospek kepala pelanggan, maka ia bisa beralih pada tahapan dealing.

Deal

Ada juga istilah yang disebut sebagai deal. Menurut definisinya, deal merupakan persetujuan antara harga beli dengan barang atau jasa yang ditawarkan. Dalam setiap proses jual beli, deal ternyata memiliki beragam tingkatan tersendiri.

Tingkatan ini bisa berbeda, tergantung bisnis dan industri yang dijalankan oleh perusahaan itu sendiri. Salesperson bisa menyusun setiap rencana deal sesuai kebutuhan dan kondisi masing-masing. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar proses penjualan bisa berjalan sesuai periode dan target yang ditentukan.

Sales pipeline

Istilah satu ini mengacu pada langkah-langkah dalam setiap proses penjualan barang atau layanan. Pipeline juga kerap jadi gambaran nyata dari penjualan itu sendiri.

Salah satu pipeline yang paling sering dijadikan acuan adalah diagram rencana tim penjualan suatu perusahaan. Biasanya, diagram ini menggambarkan serangkaian tahapan yang patut dilalui dari menilai prospek, bertemu prospek, menawarkan barang dan jasa, sampai pada akhirnya terjadi transaksi.

Sales plan

Tak seperti sales pipeline, istilah sales plan menyangkut gambaran jangka panjang dari tujuan, strategi, dan objektivitas dari tim penjualan suatu perusahaan. Di dalamnya terdapat berbagai detail mengenai target pelanggan, kondisi pasar, harga, struktur tim, target pendanaan, dan lain sebagainya. Bahkan, sales plan juga menyertakan berbagai taktik sekaligus teknik untuk mencapai target dari waktu yang telah ditetapkan.

 

Source : https://www.jojonomic.com/blog/sales/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *