6 Strategi Marketing via Media Sosial

Articles Business Marketing Uncategorized

Hallo Partners! Apa Kabar Hari Ini?

Pengguna media sosial kini meningkat pesat, dan kesempatan bagus bagi Anda untuk menuai hasil besar pemasaran produk dan jasa melalui media sosial. Lantas, bagaimanakah strategi marketing di media sosial? Simak 6 data mengejutkan di bawah ini.

1. Live Video

Live Video merupakan video siaran langsung, yang secara real time atau di waktu yang bermanfaat dilakukan pengambilan video sekaligus langsung tayang baik di televisi maupun di media sosial. Fitur aplikasi media sosial yang semakin canggih memudahkan siapapun dapat menonton maupun melakukan pengambilan video siaran langsung.

Siapkan live video terbaik Anda untuk menarik perhatian pengguna media sosial. Ada fakta menarik terkait live video,yaitu:

  • 81% pengguna internet menonton lebih banyak live video di 2016 daripada di 2015.
  • Pangsa pasar live video memiliki CAGR sebesar 18.3%.
  • Pendapatan dari live streaming akan mencapai $70.05 milliar pada 2021.
  • 90% pemirsa mengklaim bahwa kualitas video merupakan faktor paling penting pada live video.
  • Pemirsa yang menonton iklan di Live Video memiliki tingkat pertumbuhan 113% dari tahun per tahun.

2. Social Media Influencer Marketing

Influencer merupakan istilah di masa kini untuk menyebutkan sosok yang memiliki pengaruh besar di media sosial, terlihat dari banyaknya jumlah pengikutnya di media sosial termasuk penggemar.

Influencer dapat terdiri dari beragam profesi, seperti dokter, marketer, ibu rumah tangga, artis, penikmat hobi, anak-anak maupun dewasa dan siapapun yang memiliki nilai lebih, keunikan dan ciri khas yang membuatnya disukai pengguna internet.

Dengan bekerja sama dengan influencer yang tepat dengan pengikut sesuai pangsa pasar Anda, maka Anda dapat menuai hasil menggiurkan, dan dibuktikan dengan data di bawah ini:

  • 71% konsumen cenderung melakukan pembelian berdasar referensi dari media sosial.
  • Cara ini memiliki tingkat pengembalian investasi 11 kali lebih tinggi dibandingkan digital marketing tradisional.
  • 94% pemasar melaporkan hasil positif melalui influencer marketing.

3. Konten Visual

Siapkan konten visual terbaik untuk memasarkan produk dan jasa Anda untuk menarik calon konsumen di media sosial. Berikut ini hal – hal yang perlu Anda ketahui terkait konten visual:

  • 74% pemasar menggunakan konten visual pada pemasaran di media sosial.
  • Masyarakat mengikuti instruksi 323% lebih baik jika instruksi tersebut dibuat dalam bentuk ilustrasi.
  • Masyarakat mempertahankan 65% informasi dari konten visual.

4. Personalisasi Konten

Tingkatkan hasil analitik media sosial Anda dengan konten yang lebih terpersonalisasi, karena:

  • 74% konsumen merasa frustasi apabila menerima konten yang tidak sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka.
  • 67% konsumen akan meninggalkan website yang meminta donasi untuk partai politik yang mereka tidak sukai.
  • 57% konsumen akan meningglkan website apabila mereka telah menikah dan melihat iklan untuk jasa kencan.

5. Aspek Keamanan yang Ketat

Apabila Anda sedang mengembangkan web maupun telah memilikinya, maka pastikan tingkat keamanan yang sangat ketat pada web Anda serta yakinkan dan buktikan pengunjung web Anda bahwa web Anda adalah aman. Tahukah Anda bahwa:

  • 94% pengguna internet di Amerika Serikat mengalami ketakutan akan adanya hacker.
  • 17% pengguna percaya bahwa informasi personal aman secara online
  • 89% pengguna internet di Inggris sangat memedulikan privasi di dunia maya
  • 77% konsumen mau memberikan informasi personal mereka selama mereka diberi informasi untuk apa informasi itu digunakan.
  • 57% pengguna mau memberikan informasi personal mereka apabila hal tersebut memberikan manfaat bagi mereka.

6. Asisten Virtual

Asisten virtual merupakan asisten berupa bot maupun tools yang dapat membantu pekerjaan Anda, bahkan dapat menggantikan pekerjaan yang biasa dilakukan oleh manusia.

  • Penggunaan asisten virtual dapat menghemat biaya hingga $8 milliar di 2022.
  • 27% konsumen merasa tidak pasti apakah customer service yang berinteraksi dengan mereka merupakan manusia nyata atau chatbot.
  • 85% dari keseluruhan interaksi customer service di 2020 akan menggunakan chatbot.

Bagaimana? Informasi yang sangat bermanfaat bukan? tentunya informasi ini akan lebih bermanfaat apabila segera Anda implementasikan di bisnis Anda. Semoga sukses!

 

Source : https://karinov.co.id/strategi-marketing-via-media-sosial/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *