Mengapa Sales dan Marketing Berbeda?
Tujuan dari strategi marketing adalah untuk merencanakan dan menentukan tujuan pemasaran. Ini termasuk rencana untuk bagaimana Anda akan mempromosikan produk atau layanan atau untuk menjangkau pelanggan yang tepat, serta bagaimana Anda akan mencapai (dan mempertahankan) keunggulan kompetitif di pasar.
Strategi pemasaran pada dasarnya adalah menyelaraskan tim di dengan apa yang ingin Anda capai, sehingga Anda dapat mengidentifikasi program yang tepat dan kampanye iklan untuk berinvestasi.
Tujuan dari strategi penjualan atau sales adalah untuk menciptakan jalur yang paling efektif untuk mengubah prospek yang potensial menjadi pelanggan yang membayar.
Hal ini berfokus pada bagaimana Anda akan bekerja secara langsung dengan orang-orang yang paling mungkin melakukan pembelian dan bagaimana Anda akan membantu mereka memilih untuk mulai membayar produk atau layanan Anda.
Strategi penjualan juga dapat menangani taktik untuk mengubah pelanggan satu kali menjadi pelanggan tetap atau menjadi pembeli yang merekomendasikan produk Anda ke orang terdekat Anda.
Jika Anda mencoba mencari tahu perbedaan antara sales dan marketing dalam semua aspek maka Anda harus mempertimbangkan beberapa aspek dan contoh yang berbeda satu demi satu untuk mengetahui perbedaan penjualan dan pemasaran satu sama lain seperti di bawah ini:
1. Target
Mari kita membuatnya sangat sederhana dengan terlebih dahulu berbicara tentang sedikit kesamaan antara keduanya dan kemudian kita akan mencoba untuk memecahnya.
Tidak diragukan lagi tujuan akhir dari kedua istilah ini adalah untuk meningkatkan pendapatan perusahaan secara maksimal. Namun, mari kita coba memahami target sales dan marketing secara berbeda.
Dalam marketing target utamanya adalah untuk mempromosikan produk dan layanan perusahaan dalam sejumlah cara yang memikat.
Tujuan utama marketing adalah untuk meningkatkan jangkauan bisnis ke berbagai pelanggan dan kemudian mempertimbangkan semua faktor untuk mempengaruhi mereka dan mengarahkan mereka untuk membeli produk dan layanan Anda.
Departemen pemasaran atau marketing sebenarnya bertanggung jawab atas penetapan harga produk atau layanan dalam sejumlah cara dan mencoba cara terbaik untuk memahami pelanggan dan pasar dan setelah itu mereka membuat rencana dari data pelanggan dan memahami bagaimana mereka benar-benar dapat mempengaruhi pelanggan potensial mereka.
Tujuan dari seorang marketer sebenarnya bersifat jangka panjang karena mayoritas kampanye mereka dimaksudkan untuk bertahan lama.
Dalam kegiatan sales, biasanya memiliki target utama yang ditentukan adalah mengarahkan calon konsumen atau prosepek ke pembelian. Di sini kita berbicara tentang tujuan jangka pendek; bulanan / mingguan dan sebagainya.
Tugas mereka adalah mengukur kuantitas yang harus dijual mereka dalam hal mencapai target yang ditentukan dan disepakati.
2. Proses
Setelah mengetahui perbedaan target kedua terminologi tersebut, selanjutnya adalah mengetahui perbedaan prosesnya.
Tidak diragukan lagi, rencana dasar kedua hal ini adalah untuk menguntungkan dan membuat perusahaan lebih profitable dan menentukan bagaimana untuk membuat semua hal tersebut terjadi.
Marketing berbicara tentang produk, harga produk, di mana produk itu akan dijual dan kepada siapa produk itu akan dijual.
Sementara tim sales menetapkan tujuannya dan menjabarkan rencana untuk seluruh proses dan setelah itu, campaign dimulai yang menargetkan audiens dengan cara yang berbeda.
Rencana tim sales sebenarnya berbicara tentang proses yang terjadi dalam penjualan, tentang struktur tim mereka, pasar mereka dan target penjualan yang ditetapkan. Mereka selanjutnya menganalisis rencana untuk benar-benar memenuhi target ini.
3. Sumberdaya
Sebelum berbicara tentang alat dan sumber daya yang digunakan oleh tim sales dan marketing secara berbeda, kita harus mengetahui terlebih dahulu alat apa yang mereka gunakan secara kolektif atau bersama sama.
Media sosial adalah salah satu sumber daya utama yang digunakan oleh tim sales ataupun tim marketing. Orang-orang marketing nggunakannya untuk menarik audiens mereka sedangkan tenaga sales menggunakannya untuk strategi proses penjualan melalui media sosial mereka.
Database CRM atau Customer Relationship Management juga merupakan salah satu alat utama yang digunakan keduanya secara kolektif. Di sini mereka menggunakannya untuk menjaga hubungan yang sehat dengan basis pelanggan mereka.
Sekarang mari kita bicara tentang alat yang mereka gunakan secara berbeda –
Alat yang digunakan dalam Sales:
- Alat penjadwalan dan rapat.
- Alat untuk menyiapkan faktur.
- Alat untuk mengelola Email.
- Alat persiapan dokumen.
- Alat untuk mengelola pesanan mereka.
Alat yang digunakan dalam marketing:
- Alat SEO (Optimasi Mesin Pencari).
- Alat untuk membuat konten.
- Aalat CRO (Conversion Rate Optimization).
- Alat untuk mengelola proyek mereka.
- Alat untuk menyiapkan laporan datanya.
4. Strategi
Untuk tim marketing, strategi mereka sangat bergantung pada jenis campaign yang akan mereka jalani dan siapa target pelanggan mereka.
Strategi utama tim marketing adalah seperti internet marketing, blog marketing, sosial media marketing, SEO marketing dan sebagainya. Mereka menggunakan semua ini bersama-sama untuk menarik audiens untuk mengenal produk atau layanan mereka.
Di sisi lain, strategi tim sales sangat tergantung pada jenis industri, metode yang terlibat dalam penjualan, jenis produk, pasar dan sebagainya.
Strategi utama mereka adalah –Solution Selling, SPIN Selling, SNAP Selling, N.E.A.T Selling dan sebagainya. Strategi-strategi ini sebenarnya membantu pembeli untuk memecahkan masalah mereka dan selanjutnya meningkatkan penjualan secara keseluruhan bagi perusahaan.
Source : https://accurate.id/marketing-manajemen/sales-dan-marketing/