Tidak semua artikel marketing dapat populer dan diterima oleh pelanggan. Hal ini tergantung dari konten yang Anda sampaikan di dalamnya sekaligus cara penyampaian yang digunakan. Nah, agar artikel marketing yang Anda produksi populer di kalangan pembaca dan menarik minat mereka untuk membacanya hingga tuntas. Maka Anda harus membuat artikel yang berkualitas dengan mengikut tips dari kami berikut ini:
1. Fokus pada niche atau topik yang dibahas
Niche atau topik dalam dunia penulisan artikel di website menjadi salah satu yang harus diperhatikan. Topik tulisan Anda harus relevan atau berkaitan dengan tema dari blog/website tersebut.
Sebagai contoh, Anda memiliki website yang khusus membahas tentang kuliner. Kemudian, Anda memiliki bisnis di bidang otomotif. Tentu jika Anda ingin menggunakan blog tersebut sebagai sarana promosi bisnis otomotif Anda tidak akan cocok. Selain karena kategorinya saja sudah beda, target market atau pembacanya juga tidak berkaitan.
Maka dari itu, gunakanlah website dengan niche yang sama atau relevan dengan bisnis Anda. Jika bisnis Anda bergerak di bidang kuliner, carilah website yang membahas kuliner pula. Begitu pun jika bisnis Anda bergerak di bidang otomotif, carilah website yang erat kaitannya dengan dunia otomotif. Atau lebih baik Anda menciptakan sendiri situs web khusus untuk bisnis Anda agar terlihat lebih profesional.
2. Buatlah artikel yang jelas penyampaiannya
Berapa pun panjang artikel yang Anda gunakan sebenarnya tidak ada masalah. Hanya saja dengan minat baca orang Indonesia yang tergolong cukup rendah, sebaiknya Anda memproduksi artikel dengan panjang 300 sampai 1000 kata saja. Lebih dari itu, orang-orang biasanya akan malas menyelesaikan bacaannya dengan tuntas.
Kemudian jangan membuat artikel dengan cara penyampaian yang rumit untuk dipahami. Bagaimana pun gunakanlah kalimat yang efektif dan mudah dibaca. Jangan bertele-tele dan terkesan banyak basa-basi.
3. Kenali kebutuhan calon konsumen
Memahami kebutuhan calon konsumen menjadi salah satu tugas bagi para pelaku usaha. Dengan mengetahui apa yang mereka butuhkan, Anda pun bisa menyediakannya agar dapat meningkatkan profit dalam bisnis.
Begitu pun saat Anda akan menggunakan artikel marketing dalam metode pemasaran. Kenali dulu apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh para pembaca artikel Anda. Apakah informasi yang edukatif, sekadar informasi terkait produk Anda atau justru malah keduanya?
4. Lakukan riset pada kata kunci yang akan digunakan
Untuk menulis artikel yang berkualitas, Anda harus melakukan riset keyword atau kata kunci terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan alat seperti Google Analytics untuk memudahkan Anda dalam melakukan riset kata kunci. Dari sini Anda bisa mengetahui kata kunci apa saja yang banyak dicari dan berkaitan dengan bisnis Anda. Kemudian seberapa ketat persaingan dalam mesin pencari pun juga bisa Anda ukur. Penggunaan kata kunci yang tepat akan memikat lebih banyak minat pengunjung untuk membaca artikel yang Anda buat.
5. Perhatikan kualitas artikel yang diproduksi
Banyaknya artikel yang Anda buat tidak ada gunanya jika tidak berkualitas. Maka dari itu penting untuk mempertahankan kualitas penulisan Anda secara konsisten atau bahkan meningkatkannya dari waktu ke waktu. Harapannya agar pengunjung pun nyaman dan tidak bosan membaca artikel yang Anda sajikan untuk mereka.
Periksa kembali kesalahan penulisan atau ejaan hingga penggunaan kalimat yang efektif. Jangan sampai pembaca pergi begitu saja hanya karena tulisan Anda sulit untuk dipahami dan bertele-tele.
6. Produksi artikel secara konsisten
Konsistensi menjadi kunci utama dalam mencapai sebuah kesuksesan. Sama halnya ketika Anda menggunakan strategi artikel marketing. Diperlukan konsistensi tinggi untuk memproduksi artikel berkualitas secara berkala.
Misalnya, Anda membuat 3 artikel dalam seminggu. Maka pertahankanlah ritme produksi artikel Anda tersebut. Jangan sampai suatu saat nanti tiba-tiba Anda tidak mempublikasikan 1 artikel pun dalam seminggu. Karena ini dapat merusak citra website atau blog Anda di mata mesin pencari seperti Google.
7. Promosikan artikel ke media yang tepat
Ada begitu banyak sosial media yang bisa Anda gunakan sebagai platform untuk berbagi hasil tulisan Anda. Seperti Facebook, Twitter bahkan hingga Instagram sekali pun. Tak hanya itu, Anda juga bisa menggunakan platform blogging atau forum terbuka seperti Medium dan Kompasiana. Dengan demikian, artikel Anda pun akan memiliki peluang lebih banyak dibaca oleh orang.
Source : https://www.jojonomic.com/blog/artikel-marketing/